BBM bersubsidi habis

Isu kenaikan harga BBM yang terus kita dengar ditambah distribusi BBM bersubsidi yang sekarang semakin dibatasi tentunya membuat kita merasa was-was. Apalagi bila kita menjalankan usaha, maka rasa was-was akan semakin bertambah karena akan lebih banyak lagi yang perlu diperhitungkan ulang.

Namun bagaimanapun kondisinya kita harus pandai-pandai mencari solusinya untuk mensiasati kenaikan harga BBM ini. Karena mau tidak mau subsidi BBM memang akan dikurangi dan akan lebih bijak bila dialokasikan ke sector lain seperti kesehatan dan pendidikan. Untuk itu kita bagikan beberapa tips yang mungkin bisa membantu kita mengurangi konsumsi BMM ini.

Jika kendaraan adalah bagian vital dari aktivitas kita maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita akan berkendara agar lebih efisien dalam penggunaaan bahan bakar:

  1. Semaksimal mungkin selaraskan lokasi agenda kita dengan rute perjalanan yang kita lalui agar tidak perlu bolak-balik dari satu tempat ke tempat lain.
  2. Pastikan kendaraan kita dalam kondisi prima. Lakukan perawatan rutin dan cek kondisi angin ban kendaraan. Kendaraan yang prima akan lebih efisien dalam urusan konsumsi bahan bakar.
  3. Kurangi penggunaan AC kendaraan, nyalakan hanya benar-benar bila diperlukan.

Jika kita kondisi memungkinkan gunakanlah angkutan umum semaksimal mungkin. Jika kita mau benar-benar berhitung menggunakan angkutan umum dapat memangkas biaya transportasi kita dan penghematan tersebut bisa kita alihkan untuk kebutuhan lain yang tidak bisa dipungkiri biasanya akan ikut naik seiring naiknya harga BBM. Selain itu ada beberapa tips juga yang bisa digunakan untuk berhemat dalam mensiasati kenaikan harga BBM ini yang juga berimbas pada kenaikan harga-harga barang kebutuhan lainnya, antara lain:

  1. Berhentilah merokok. Kita di sini tidak memperdebatkan tentang dampak kesehatan dari rokok. Tapi coba ambilah calculator dan hitunglah pengeluaran yang Anda habiskan untuk rokok. Angka yang cukup lumayakan untuk di hemat?
  2. Menjauhi Mall. Bagi kita yang aktifitas hariannya tidak bisa jauh dari satu Mall ke Mall lain untuk meeting mungkin relative sulit karena bisa jadi malah lebih efisien. Tapi buat yang ke Mall sekedar menghabiskan waktu saja lebih baik mulai dikurangi. Biaya yang kita gunakan untuk nongkrong-nongkrong bisa kita hemat dan waktu yang terbuang bisa kita alokasikan untuk kegiatan yang lebih produktif.
  3. Kurangi jajan di luar. Selain menjauh dari Mall, kalau kita sering jajan di luar coba deh mulai dikurangi dan lebih sering untuk memilih beli makan di tempat yang relatif lebih murah jika harus makan di luar atau bawalah bekal dari rumah.

Pada intinya untuk mensiasati kenaikan BBM ini, kita harus mau hidup hemat. Beberapa tips di atas jika kita mau jalankan akan membantu kita beradaptasi dengan perubahan harga yang disebabkan naikknya harga BBM. Kalau punya tips siasatu efek kenaikan harga BBM yang lain silakan di-share pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.