team work

Salah satu tugas penting seorang pemimpinan ialah memastikan bahwa tim yang dipimpinnya memiliki alat-alat yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan. Hal ini merupakan tanggung jawab yang cakupannya luas yang meliputi tidak hanya kepastian bahwa tim tersebut memiliki peralatan yang terkini dan paling efisien yang mereka butuhkan untuk bekerja secara efektif tetapi juga bahwa anggota-anggota tim tersebut tetap mengetahui berita terbaru mengenai perkembangan terakhir dalam perusahaan.

Fred Smith (pendiri, pimpinan, presiden dan CEO FedEx) meyakini bahwa salah satu dari fungsi utama manajemen top perusahaan ialah mendukung “jajaran garis depan” dengan memungkinkan mereka untuk memberikan “janji ungu” FedEx, suatu visi yang terdengar seolah-olah sederhana: “Untuk membuat pengalaman setiap pelanggan menjadi luar biasa.”

Kemajuan teknologi memungkinkan perusahaan untuk berikan lebih banyak kendali kepada jajaran garis depan ini dan manajemen perusahaan menyadari fungsi utama mereka ialah memberikan tim mereka peralatan yang dibutuhkan sebaik mungkin.

“Maksud saya, kewenangan yang kita berikan kepada staf pengiriman barang kami, di pesawat terbang dan truk serta peralatan penyortiran ini. Semua ini mengagumkan jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Unsur terpenting dalam sistem FedEx ialah orang-orang di luar sana, jajaran garis depan yang mewujudkan apa yang kami sebutkan sebagai “janji ungu” dan begitu juga dengan manajemen garis depan. Sehingga kami selalu berpendapat bahwa manajemen teratas dari pekerjaan perusahaan ialah mencoba untuk memudahkan pekerjaan mereka dengan memberikan alat-alat terbaik, memberikan layanan terbaik, memberikan metodologi terbaik.”

Konsultan manajemen dan bisnis serta penulis Marshall Goldsmith mengingatkan kita bahwa terdapat cara-cara penting yang membuat kita gagal memberikan alat-alat yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan: “menahan informasi” ialah contoh yang bagus. Menahan informasi, kata Goldsmith, sering tidak disengaja tetapi sangat efektif. It is nevertheless effectively a power play, and one that has a pernicious effect. “Kita melakukan hal ini saat kami terlalu sibuk untuk menemui seseorang untuk memperoleh informasi yang berharga. Kita melakukan hal ini saat kita lupa mengikutsertakan seseorang dalam pertemuan. Kita melakukan ini saat saat kita mendelegasikan sebuah tugas kepada bawahan tetapi tidak menunjukkan pada mereka bagaimana kita menghendaki tugas tersebut dilakukan.”

Memastikan bahwa tim memiliki alat yang tepat untuk melakukan pekerjaan termasuk peralatan fisik, cadangan, metodologi dan sistem pengerjaan yang efisien.Memiliki keyakinan bahwa tim manajemen telah dipersenjatai untuk menghadapi apapun masalah baru yang muncul. Bentuk dukungan lain bagi tim ialah dengan adanya sebuah sistem yang dibangun untuk menghadapi ini.Beberapa hal yang dilakukan pemimpin -bahkan secara tak sengaja- mencegah tim tersebut mendapatkan kebutuhan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan. Menahan informasi ialah contoh yang tepat.