Piutang (Bahasa Inggrisaccounts receivable, AR) adalah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurusi penagihan konsumen yang berhutang pada seseorang, suatu perusahaan, atau suatu organisasi untuk barang dan layanan yang telah diberikan pada konsumen tersebut. Pada sebagian besar entitas bisnis, hal ini biasanya dilakukan dengan membuat tagihan dan mengirimkan tagihan tersebut kepada konsumen yang akan dibayar dalam suatu tenggat waktu yang disebut termin kredit atau pembayaran. (wikipedia)

Transaksi ini memiliki form yang digunakan untuk mencatat transaksi piutang. Pencatatan piutang sangat mudah, seperti menjawab pertanyaan berikut

  1. Piutang untuk siapa? (tagihan tersebut diambil dari akun apa?)
  2. Berapa jumlahnya?
  3. Dari mana sumber dananya?
  4. Kapan jatuh temponya?
  5. Adakah catatan atau bukti transaksi?

Berikut langkah yang dilakukan untuk mencatat piutang, dari menu Tambah Transaksi, klik Piutang, maka ditampilkan form seperti gambar berikut.

piutang 1

 

Berikut langkah untuk mencatat transaksi piutang.

1. No. Referensi

Isikan nomor referensi atau nomor transaksi. Nomor referensi dapat diisi atau dikosongkan.

2. Tanggal

Tanggal secara default ditampilkan tanggal hari ini. Pilih tanggal dari popup kalender. Kolom tanggal tidak dapat dikosongkan (harus diisi). Tanggal yang diisikan tidak dapat lebih dari tanggal hari ini. Apabila tanggal lebih dari hari ini (besok) maka akan dimunculkan pesan kesalahan.

3. Catatan

Isikan catatan untuk transaksi piutang.

4. Piutang untuk

Pilih salah satu akun piutang yang akan digunakan untuk mencatat piutang tersebut dikeluarkan untuk siapa. Akun dengan tipe Aset yang dimunculkan pada daftar pilihan akun. Pengaturan akun pada menu Setting > Akun Keuangan.

5. Nominal

Isikan jumlah uang piutang yang disimpan.

6. Sumber dana

Pilih akun keuangan yang dijadikan akun sumber dana untuk transaksi piutang tersebut.

    • Apabila hanya satu akun, pilih salah satu akun tersebut tanpa klik tombol (+).
    • Sedangkan akun yang digunakan lebih dari satu, klik tombol (+) untuk menambahkan akun maka akan muncul kolom baru dibawahnya. Masukkan nominal untuk akun pertama. Kemudian pilih akun berikutnya, klik tombol (+) dan masukkan nominal untuk akun kedua. Dan seterusnya, sesuai yang diinginkan. Untuk menghapus akun, klik tombol (-).
    • Akun lebih dari satu : total nominal yang dimasukkan pada setiap akun harus sama dengan nominal yang dimasukkan untuk transaksinya. Apabila jumlah nominal tidak sama maka akan dimunculkan pesan kesalahan.
    • Akun keuangan yang dimunculkan adalah akun keuangan dengan tipe Aset.
    • Pengaturan akun keuangan pada menu Setting > Akun Keuangan.

7. Jatuh Tempo

Pilih tanggal untuk jatuh tempo piutang. Apabila piutang sudah jatuh tempo, pengguna akan diberikan notifikasi pada dashboard dan email bahwa piutang sudah jatuh tempo.

8. Document

Digunakan untuk mengunggah (upload) file dokumen dari transaksi piutang yang dibuat. Klik tombol Browse untuk mencari dan pilih file dokumen yang ingin diupload. Apabila file yang diupload lebih dari satu, klik tombol Add Document.

Setelah semua diisi dengan benar, klik tombol Create untuk menyimpan piutang. Transaksi ditampilkan pada Jurnal Piutang.

jurnal piutang

Selain di Jurnal Piutang, laporan keuangan pengguna dapat dilihat pada Laporan lain seperti Arus Kas (apabila akun didaftarkan dalam Cashflow – menu Akun Keuangan ) , Buku Besar, Neraca, Neraca Saldo dan laporan laba rugi.