Cara memperbesar bisnis

Setiap pengusaha pasti menginginkan bisnisnya dari waktu ke waktu terus berkembang. Perkembangan bisnis ditandai dengan semakin membesarnya pendapatan dan juga keuntungan. Oleh karena itu, sebagai pebisnis harus pintar-pintar menemukan cara untuk memperbesar bisnisnya. Hal ini dilakukan dengan banyak cara, bisa dengan memperbesar kapasitas produksi, menambah channel distribusi baru, atau juga akuisi unit bisnis baru (membuka usaha baru yang tidak berhubungan dengan usaha yang lama).

Memperbesar kapasitas

Misalkan anda berbisnis rental mobil, awalnya hanya memiliki 3 buah mobil, anda mengupayakan supaya anda bisa punya 10 mobil. Jika anda berbisnis jualan baju, sebelumnya anda punya 10 varian produk, anda tambah menjadi 20 varian produk. Misalkan anda punya bisnis pabrik, anda bisa menambah kapasitas dengan membeli alat baru atau menambah karyawan baru.

Dengan bertambahnya kapasitas bisnis anda, maka anda diharapkan akan mendapatkan pemasukan yang bertambah karena transaksi juga bertambah.

Menambah Channel Distribusi Baru

Kata simplenya untuk hal ini mungkin adalah buka cabang baru. Misalkan anda punya resto, sebelumnya hanya ada satu tempat lalu anda membuka resto baru di tempat lain. Dengan melakukan hal ini, jika sebelumnya mungkin hanya satu perumahan target pasarnya, dengan membuka di tempat lain maka target pasar bisnis resto anda akan meningkat.

Atau hal ini juga dilakukan misalkan anda bisnis jualan baju, sebelumnya anda menjual baju anda lewat toko offline, sekarang anda tambah dengan menjual melalui toko online. Sebelumnya hanya website, sekarang ditambah dengan memanfaatkan facebook dan twitter untuk berpromosi dan menghasilkan transaksi penjualan.

Membuka Unit Bisnis Baru

Terkadang juga sebagai pengusaha, anda akan mengalami dimana tidak ada ide untuk menambah keuntungan dari bisnis yang dijalani sekarang. Semua usaha sudah dicoba dan sudah maksimal semuanya alias mentok atau penuh jika dianalogikan dengan gelas. Sebagai pebisnis, tentu anda tidak boleh menutup mata atas kesempatan untuk mencoba unit bisnis baru atau berinvestasi kepada bisnis lain yang sudah berjalan. Misalkan sekarang anda berbisnis resto dan sudah mentok tetapi anda punya modal yang cukup anda bisa membuka bisnis baru misalkan bisnis rental mobil. Misalkan anda punya modal yang cukup banyak, anda beli tanah kosong kemudian anda bangun rumah dan anda jual, berarti anda merambah bisnis properti.

Ada banyak cara bagi anda yang memiliki jiwa bisnis atau entrepeneur untuk terus berkarya. Jangan terlena bahwa bisnis yang ada saat ini baik-baik saja, sudah menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Jika anda pebisnis sejati, anda akan terus haus untuk berkarya baik memperbesar bisnis yang anda jalani saat ini atau membuka bisnis baru. Namun anda juga harus tetap berhati-hati kapan saat yang tepat untuk melakukan hal ini, jika tanpa perencanaan yang matang, bukannya bertambah keuntungan malah bisa mengakibatkan kerugian. Karena walau tidak selalu, dengan membesarnya bisnis selain peningkatan pendapatan juga akan diikuti dengan peningkatan pengeluaran, misalnya dengan bertambah karyawan maka pengeluaran untuk gaji juga akan meningkat