Mungkin anda sering mendengar istilah pendapatan, keuntungan, omzet, modal, asset, hutang ,biaya, beban dan lainnya, bagaimana dengan neraca? Mari kita simak pelbagai istilah akuntansi yang ada

  1. Akun, penamaan untuk mempermudah penggolongan.

  2. Asset atau aktiva, adalah sumber ekonomi yang diharapkan memberikan manfaat dikemudian hari.

  3. Liabilitas atau utang, adalah sumber ekonomi yang dapat memberikan manfaat pada saat ini akan tetapi memunculkan kewajiban yg harus dibayar atau dijalani pada masa yg akan datang.

  4. Modal, adalah daya financial awal sebuah perusahaan.

  5. Pendapatan/omzet, adalah jumlah uang yang didapat akibat adanya sebuah aktifitas.

  6. Keuntungan atau laba, adalah pendapat yang telah dikurangi oleh beban dan biaya

  7. Biaya, adalah pengorbanan yang dilakukan yg dinyatakan dengan satuan uang, telah terjadi.

  8. Beban, adalah pengorbanan yang dilakukan yg dinyatakan dengan satuan uang, belum terjadi.

  9. Jurnal, adalah pencatatan kronologis sebuah transaksi, selalu berdampingan debet dan kredit, jika di totalkan maka total debet dan kredit harus sama,yang menjadi bahan dasar dasar untuk membuat laporan keuangan. Terdapat beberapa macam jurnal:

    1. Jurnal umum, jurnal biasa untuk transaksi sehari-hari.

    2. Jurnal penyesuaian, biasanya digunakan untuk melakukan penyusutan, pengakuan akrual, atau pembetulan jika ada kesalahan penjurnalan pada jurnal umum

    3. Jurnal penutup, adalah jurnal yg dilakukan untuk menghapus atau menutup akun-akun yang bersifat sementara. Jurnal penutup merupakan cerminan dari laporan laba rugi dan laporan perubahan modal.

    4. Jurnal Pembalik, jurnal untuk meng akrualkan sebuah transaksi

Pada dasarnya, jurnal umum dengan jurnal yg lain memiliki aturan yang sama, hanya terdapat akun yang khas, contohnya jurnal penutup, selalu menggunakan akun ikhtisar laba rugi pada setiap jurnalnya.

  1. Buku Besar, adalah rekap dari sebuah akun yang di ambil dari setiap jurnal.

  2. Work sheet atau kertas kerja, adalah kertas bantu bagi akuntan untuk merancang laporan keuangan, didalamnya biasanya terdapat neraca percobaan, jurnal penyesuaian, neraca setelah di sesuaaikan,laporan laba rugi dan neraca.

  3. Laporan Keuangan, adalah laporan yg terdiri dari, Laba rugi, Neraca, cash flow dan catatan kaki. Yang menyajikan informasi keuangan dan non keuangan untuk pengguna laporan keuangan

    1. Laba rugi, adalah bagian dari laporan keuangan, kumpulan akun pendapatan, akun beban dan biaya. Setelah di selisihkan akan menunjukan laba atau rugi suatu perusahaan.

    2. Neraca, adalah bagian dari laporan keuangan yg terdiri dari kumpulan buku besar yang telah digolongkan menjadi 3 (tiga golongan). Yaitu harta, utang dan kewajiban. Menunjukan kondisi sebuah perusahaan, apakah sedang sehat atau sakit, yang penilaiannya tergantung dari jenis perusahaannya.

    3. Cash Flow, adalah bagian dari laporan keuangan yang memperlihat keluar masuknya kas pada kegiatan bisnis, proyek dan financial.