Akuntansi Salah Satu Kelemahan Utama Para Pengusaha

Akunting adalah salah satu kelemahan utama pebisnis pemula apalagi bila background pendidikan mereka bukan ekonomi. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa akunting sangat diperlukan, betapa kecilpun bisnis Anda. Akunting yang asal-asalan akan mempersulit bisnis untuk berkembang. Tim Studentpreneur telah merangkum beberapa tips akunting sederhana untuk Anda yang masih pemula.

Sederhanakan Akuntansinya

Apabila ukuran bisnis Anda masih kecil, lebih baik Anda melakukan segalanya sendiri. Tidak perlu mengikuti semua prinsip akuntansi yang luar biasa rumit, kecuali kalau Anda memang punya background ekonomi. Kalau tidak, lebih baik catat cashflow, uang keluar masuk, dan perhitungan untung rugi. Akuntansi sederhana sudah bisa menyelamatkan Anda apabila bisnis Anda memang masih kecil. Jangan buang waktu untuk akuntansi yang terlalu rumit, sesuaikan dengan ukuran bisnis Anda.

Rencanakan Pengeluaran Besar

Anda mempunyai rencana untuk membeli mesin atau komputer baru? Rencanakan pembelian dan pengeluaran besar sejak jauh-jauh dari. Dedikasikan beberapa persen dari keuntungan untuk keperluan ini. Apabila Anda tidak merencanakan pengeluaran besar melalui budgeting yang baik, keseimbangan keuangan bisa terganggu. Dengan cara ini, keluar masuknya uang juga bisa jadi lebih teratur.

Hitung Keberhasilan Anda

Melalui akuntansi, sebenarnya Anda bisa melihat apakah bisnis Anda berhasil atau tidak. Jangan tertipu dengan jumlah pemasukan, namun lihatlah keuntungan yang ada serta kondisi cash flow saat itu. Anda juga bisa melihat apakah strategi marketing tertentu bisa menghasilkan atau merugikan, dilihat dari uang yang dikeluarkan dan uang yang didapatkan dari strategi tersebut. Dengan menghitung keberhasilan Anda, maka Anda bisa mengulang strategi yang membuat Anda untung, dan menghindari yang membuat Anda rugi.

Buat Semuanya Online

Menyimpan berbagai bon serta melakukan pencatatan secara manual sangatlah merepotkan. Ada tips sederhana untuk mengatasi ini. Lakukan pembukuan Anda secara online, termasuk dalam penyimpanan bon. Apabila ada bon, foto bon tersebut dan masukkan ke database online Anda. Cobalah software akuntansi Hartaku yang dapat menyimpan catatan keuangan usaha Anda dengan teknologi Cloud yang mudah diakses.

Sudah Punya Uang? Biarkan Professional Mengerjakannya

Ketika bisnis Anda tumbuh baik, sudah tidak seharusnya lagi Anda mengerjakan pembukuan sendiri. Ada baiknya Anda menyerahkannya ke professional atau salah satu karyawan Anda.